Selamat Datang

Terima Kasih atas kunjungan anda di blog Cilegon Hockey Club

Kamis, 12 Juli 2012

peraturan Pukulan Bebas (Free Hit) yang berlaku dalam permainan hockey internasional



peraturan Pukulan Bebas (Free Hit) yang berlaku dalam permainan hockey internasional mulai tanggal 1 Mei 2009 seperti di bawah ini.

Salah satu tujuan dari FIH dan juga Komisi Peraturan Hockey (HRB) adalah untuk mengurangi jumlah dan lamanya gangguan terhadap arus permainan dan untuk meningkatkan jangka waktu dalam memainkan bola. Sebuah "self-pass" dari Pukulan Bebas (Free Hit) telah diperkenalkan. Ini memungkinkan pemain yang mengambil Pukulan Bebas (Free Hit) untuk memainkan bola lagi setelah mengambil Pukulan Bebas (Free Hit) yang dapat mendorong kelancaran arus permainan hockey.

Seperti aksi-aksi yang lain di dalam lapangan hockey, ini harus dilakukan dengan aman. Aspek lain dari peraturan Pukulan Bebas (Free Hit) telah ditinjau-ulang. HRB yang prihatin tenatng bola yang sering dipukul dengan sangat keras tanpa melihat keadaan, dan karena itu Pukulan Bebas (Free Hit) dari  dalam kawasan menyerang 23 meter ke dalam dalam lingkaran “D” berpotensi berbahaya.
Di masa mendatang, Pukulan Bebas (Free Hit) ini tidak boleh dipukul langsung ke dalam lingkaran ”D”.
FIH yakin ini adalah indikasi dari cara yang diharapkan untuk melihat hockey berkembang. Inovasi yang menarik akan terjadi tetapi selalu harus ada  keprihatinan bahwa permainan ini harus aman sebisa mungkin.
Peraturan yang perubahan seperti di atas disebut sebagai Peraturan  Percobaan Wajib. Ia diwajibkan karena ia harus dimainkan di seluruh permainan hockey; ia adalah percobaan untuk menunjukkan bahwa ia akan ditinjau-ulang setelah mencobanya sebelum memutuskan apakah ia akan  menjadi Peraturan tetap. Apabila Peraturan Hockey yang lengkap dipublikasikan, sedikit perubahan pada beberapa kata dan berbagai catatan tambahan juga akan ditambahkan untuk menjelaskan beberapa peraturan sekarang dipakai. Peraturan hockey yang lengkap dijangkakan akan diterbitkan pada bulan depan atau sesudahnya.
Teks Peraturan Pukulan Bebas (Free Hit) yang relevan adalah sebagai berikut:


13.1 Lokasi Pukulan Bebas (Free Hit):
a.      Pukulan Bebas (Free Hit) diambil berdekatan dengan tempat terjadi pelanggaran
'Berdekatan' berarti dalam jarak bermain di mana pelanggaran terjadi dan tidak memperoleh keuntungan yang berarti.
Di dalam kawasan 23 meter, lokasi untuk pengambilan Pukulan Bebas (Free Hit) harus lepih tepat
b.      Pukulan Bebas (Free Hit) yang diberikan dalam jarak  5 meter dari lingkaran “D” serangan mesti  diambil di titik  5 meter terdekat dari lingkaran “D”.
c.      Pukulan Bebas (Free Hit) yang diberikan di luar lingkaran “D” pertahanan dalam jarak 15 meter dari garis belakang diambil di jarak15 meter dari garis belakang sesuai dengan lokasi dari pelanggaran, paralel ke garis samping
d.      Pukulan Bebas (Free Hit) yang diberikan di dalam lingkaran “D” pertahanan dapat diambil di mana saja di dalam lingkaran “D” atau hingga jarak 15 meter dari garis belakang sesuai dengan lokasi dari pelanggaran, paralel ke garis samping. 
13.2 Prosedur untuk mengambil Pukulan Bebas (Free Hit), umpan pertama di lapangan tengah dan memainkan kembali bola ke dalam permainana setelah keluar lapangan: 
a. bola harus diam / tidak bergerak
b. pemain lawan harus berada sekurang-kurangnya 5 meter dari bola 
      
Jika pemain lawan berada pada jarak 5 meter dari bola, mereka tidak boleh mengganggu pengambilan Pukulan Bebas (Free Hit) tersebut atau tidak boleh memainkan atau mencoba untuk memainkan bola. Jika pemain tersebut tidak memainkan bola, mencoba untuk memainkan bola atau mengganggu permainan, Pukulan Bebas (Free Hit) tidak seharusnya ditunda. 
c. Apabila Pukulan Bebas (Free Hit) diberikan di dalam kawasan serangan 23 meter, semua pemain selain pemain yang akan mengambil Pukulan Bebas (Free Hit) harus berada pada jarak minimal 5 meter dari bola.
d. bola digerakkan dengan dorongan (push) atau pukulan (hit)
e. bola tidak boleh dinaikkan (raised) dengan sengaja dari Pukulan Bebas (Free Hit) 
f. jika pemain yang mengambil Pukulan Bebas (Free Hit) adalah pemain yang akan memainkan bola berikutnya, maka tindakan pengambilan Pukulan Bebas (Free Hit) dan memainkan bola selanjutnya, haruslah dua tindakan yang berbeda.
g. sebelum pemain lain dari tim yang mengambil Pukulan Bebas (Free Hit) diperbolehkan untuk mermainkan bola, bola harus bergerak minimal 1 meter 
Bola tidak semestinya bergerak  1 meter sebelum pemain  yang mengambil Pukulan Bebas (Free Hit) memainkan bola lagi. 
h. bagi Pukulan Bebas (Free Hit) yang diberikan di dalam kawasan serangan 23 meter, bola tidak boleh dimainkan langsung ke dalam lingkaran ”D” sampai  bolanya  telah bergerak setidaknya 5 meter atau telah disentuh oleh pemain dari kedua tim selain pemain yang mengambil Pukulan Bebas (Free Hit).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar